Rising & Falling Wedge Pattern

Apa Bedanya Wedge Pattern dengan Triangle Pattern?

Memang ada kemiripan dengan Triangle Pattern, namun Wedge Pattern (WP) memiliki lintasan atau formasi yang berbeda bentuknya dengan Triangle Pattern. Jika Triangle umumnya berbentuk segitiga simetris (Symetrical Triangle) atau segitiga siku-siku (Ascending/Descending triangle), maka WP memiliki lintasan harga yang hampir sejajar bergerak menyempit ke satu arah, pada resisten dan support trendline-nya.

WedgePatternWP dan Triangle Pattern pada dasarnya mencerminkan situasi yang sama, yakni konsolidasi dengan range harga yang cenderung semakin menyempit. Rising Wedge Pattern (RWP) umumnya terbentuk karena sebelumnya terjadi tekanan bearish. Sebaliknya, Falling Wedge Pattern (FWP) umumnya terbentuk karena sebelumnya terjadi tekanan bullish. RWP dan FWP sama-sama berisiko Trend Continuation atau untuk kembali berada di jalur trend, tapi juga tak jarang formasi tersebut juga berisiko reversal (seperti yang pernah terjadi pada pair USD/JPY skala Monthly).

Bagaimana Mensetup Posisi Trading?

Berbagai sumber menyebut bahwa setup RWP dan FWP sangat sulit diterapkan pada time frame H1 ke bawah karena volatilitas harga masih terlalu terlihat nyata, sehingga sebaiknya dilakukan pada time frame H4 ke atas.

Setidaknya ada dua cara mensetup posisi trading ketika kita menemukan kecenderungan harga bergerak dalam lintasan RWP atau FWP dalam skala jangka menengah (time frame H4 atau Daily) dan jangka panjang (timeframe Weekly atau Monhtly).

Yang pertama, pada RWP adalah dengan menempatkan posisi sell (limit) sedekat mungkin pada jalur ascending resistance trendline. Sebaliknya pada FWP, adalah dengan menempatkan posisi buy (limit) sedekat mungkin dengan jalur descending support trendline.

Yang kedua, adalah dengan memperhatikan price action ketika bergerak mendekat ke sisi atas atau sisi bawah dari WP tersebut.

Di bawah ini adalah contoh dari RWP pair EUR/USD skala Weekly, yang terbentuk di sepanjang tahun 2013 hingga Mei 2014.

RisingWedgeEU

Di bawah ini adalah contoh dari FWP pair USD/JPY skala Monthly.

FallingWedgeUJ

Di bawah ini adalah contoh RWP pair GBP/USD skala Daily, yang terjadi belum lama ini, dari pertengahan Januari hingga akhir Februari 2015.

RisingWedgeGU

Semoga menambah wawasan.

– BERITA-FX -