Pasar Menunggu Rilis Notulen FOMC dan Konferensi Pers the Fed

Federal Reserve tidak diharapkan akan mengambil tindakan pada suku bunganya di akhir pertemuan kebijakan dua hari, pada Kamis (21/3) dini hari pukul 01.00 WIB dini hari nanti dan tetap menjaga suku bunga dana Fed berada dalam kisaran antara 2.25% – 2.5%.

Ketua Fed Jerome Powell akan mengadakan konferensi pers setengah jam setelah rilis pernyataan kebijakan.

Bank Sentral AS juga akan merilis perkiraan baru proyeksi pertumbuhan ekonomi dan suku bunga, yang dikenal sebagai “dot-plot“. Proyeksi Fed Desember menyiratkan dua kenaikan tahun ini, tetapi yang terbaru secara luas diharapkan untuk mengantisipasi, paling banyak, satu kali kenaikan.

The Fed juga diperkirakan akan mengeluarkan rencana untuk menghentikan menyusutnya neraca keuangan senilai $4 triliun, atau yang disebut pengetatan kuantitatif. Banyak pembuat kebijakan telah menyarankan Fed kemungkinan akan menyimpulkan proses dan menstabilkan kepemilikan obligasi pada akhir tahun ini.

Indeks dolar AS – yang mengukur kekuatan greenback terhadap sejumlah enam mata uang utama, berada di 95,95 pada pukul 17.35 WIB, tidak jauh dari level terendah dua setengah minggu pada hari Selasa di 95,73.

Di pasar obligasi, harga Treasury AS beringsut lebih tinggi, mendorong imbal hasil sedikit lebih rendah di seluruh kurva, dengan yield patokan 10-tahun tergelincir ke 2,59%.