NFP dan Upah Meningkat di Bulan Desember, Tapi Pengangguran Bertambah

Laporan ketenagakerjaan AS yang dirilis pada hari ini menunjukkan hasil yang beragam. NFP mencatat peningkatan melebihi perkiraan di bulan Desember 2018, demikian pula upah. Akan tetapi, tingkat pengangguran malah bertambah pada periode bulan yang sama.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa Non-Farm Payroll (NFP) yang mencatat jumlah pekerja di luar industri pertanian, naik dengan angka 312K di bulan Desember, melebihi perkiraan (179K). Data ini bulan sebelumnya menunjukkan angka 176K.

Average Hourly Earnings atau upah per jam, pada bulan Desember naik 0.4%, di atas perkiraan (0.3%), setelah bulan sebelumnya mencatatkan angka 0.2%.

Namun naiknya NFP dan upah, ternyata malah diikuti dengan naiknya tingkat pengangguran. Unemployment Rate atau tingkat pengangguran di bulan Desember tercatat naik 0.2% menjadi 3.9%.

Sementara itu, Indeks Dolar yang mengukur kinerja USD terhadap 6 mata uang utama lainnya, saat ini mencoba untuk bertahan menguat di level 96.04 atu naik 0.17% pada pukul 21:16 WIB.