Ketidakpastian Brexit Masih Batasi Penguatan Poundsterling

Pound sterling sedikit lebih tinggi tetapi tetap di bawah tekanan pada hari ini, Rabu (9/1/2019), di tengah ketidakpastian voting Brexit Perdana Menteri Inggris Theresa May yang kemungkinan disahkan nya tipis.

GBP/USD sementara ini tercatat naik 0.3% di kisaran 1.2750 pada pukul 16:58 WIB – naik dari terendah semalam di level 1.2712.

Masa depan Inggris tetap dalam ketidakpastian, sebab pemerintah tidak mungkin mendapatkan kesepakatan lain jika rancangan undang-undang gagal, meningkatkan kemungkinan Brexit yang sulit terlaksana sesuai jadwal, pada tanggal 29 Maret mendatang.

“Saya tidak berpikir publik Inggris dilayani oleh fantasi tentang tawaran ajaib, alternatif yang entah bagaimana akan keluar dari lemari di Brussels,” kata Menteri Kantor Kabinet David Lidington dalam sebuah wawancara dengan radio BBC.

“Kesepakatan di atas meja ini melibatkan beberapa hal yang sangat sulit untuk diberikan dan diterima di kedua sisi.”

Pemungutan suara parlemen diperkirakan akan digelar pada tanggal 15 Januari.

Sementara itu euro didorong lebih tinggi oleh dolar yang melemah karena investor berpaling dari aset penghindar risiko setelah AS-China mengakhiri pembicaraan perdagangan. Pertemuan diperpanjang untuk hari ketiga dan China diperkirakan akan merilis pernyataan tentang hasilnya.

“Hasil yang baik tidak hanya akan menguntungkan China-Amerika Serikat. Saya percaya itu juga berita baik bagi ekonomi dunia,” ujar juru bicara kementerian luar negeri China Lu Kang.