GDP AS di Bawah Perkiraan, Dolar Masih Stabil

Dolar masih bergerak cukup stabil hari ini, Rabu (27/11/2018), setelah rilis data estimasi kedua GDP kuartal ketiga AS yang menunjukkan pertumbuhan di bawah perkiraan. Investor saat ini tampaknya tetap berhati dengan menunggu pidato ketua the Fed, Jerome Powell, yang dijadwalkan tengah malam nanti.

Indeks Dolar yang mengukur kinerja USD terhadap 6 mata uang utama lainnya sementara ini terpantau naik tipis 0.02% di kisaran level 97.30 pada pukul 21:04 WIB, setelah ditutup dengan penguatan 0.31% di posisi 97.28 pada perdagangan kemarin, Selasa (26/11).

Biro Analisis Ekonomi (Bureau of Economic Analysis) AS melaporkan bahwa data “second estimate” Gross Domestic Product (GDP) kuartal ketiga, tumbuh sebesar 3.5%, kurang dari ekspektasi untuk angka 3.6% setelah estimasi sebelumnya menunjukkan pertumbuhan 3.5%.

Sementara itu, pasar akan mengamati pidato yang disampaikan oleh Ketua Fed Jerome Powell hari ini dan notulen pertemuan bank sentral AS bulan November yang akan dirilis pada hari Jumat dini hari (pukul 02:00 WIB). Pasar berharap adanya indikasi baru terkait rencana kenaikan suku bunga di masa depan.

The Fed secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga untuk keempat kalinya tahun ini pada pertemuan mendatang di bulan Desember dan telah mengindikasikan bahwa mungkin akan menaikkan suku bunga tiga kali lagi pada 2019.

Namun demikian, komentar dovish oleh beberapa pembuat kebijakan dalam beberapa pekan terakhir, telah meningkatkan prospek bahwa the Fed dapat memperlambat laju kenaikan suku bunga di masa depan di tengah kekhawatiran atas prospek ekonomi global dan ketegangan perdagangan global yang masih sedang berlangsung.