Fed Powell: Pendekatan manajemen risiko telah berhasil dengan baik

Ketua Fed Jerome Powell mengulangi pesannya dalam pidatonya di New York hari ini, Jumat (1/3/2019), pagi tadi pukul 08:15 WIB. Dia mencatat bahwa “hampir semua indikator pasar tenaga kerja adalah lebih baik daripada beberapa tahun yang lalu, dan banyak yang berada pada level paling menguntungkan dalam beberapa dekade terakhir.”

Pertumbuhan produktivitas sektor bisnis juga “bergerak naik dalam tiga kuartal pertama tahun 2018.” Sisi stabilitas harga mandat Fed adalah “di tempat yang baik” sebagai “inflasi dengan ukuran pilihan kami rata-rata sekitar 2 persen tahun lalu” tetapi “tanda-tanda tekanan ke atas pada inflasi tampaknya tertahan meskipun dengan pasar tenaga kerja yang kuat”.

Powell juga mencatat lagi bahwa “selama beberapa bulan terakhir kita telah melihat beberapa arus lintas dan sinyal yang bertentangan tentang prospek jangka pendek.” Itu termasuk perlambatan di ekonomi utama, terutama Cina dan Eropa. Ada ketidakpastian yang meningkat seputar masalah kebijakan pemerintah yang belum terselesaikan termasuk Brexit dan negosiasi perdagangan. Kondisi pasar keuangan semakin ketat sejak musim gugur yang lalu. Juga, “beberapa survei bisnis dan sentimen konsumen telah bergerak lebih rendah. Data penjualan ritel yang lemah secara tak terduga untuk bulan Desember juga memberikan alasan untuk berhati-hati. ”

Secara keseluruhan, Fed akan “sabar karena kami menentukan penyesuaian di masa depan dengan kisaran target untuk tingkat dana federal”. Dia juga menambahkan bahwa “pendekatan manajemen risiko yang masuk akal telah membantu Komite dengan baik di masa lalu.”