Dolar Bertahan di Kisaran Tertinggi 2 Pekan, Fed & Perdagangan Jadi Fokus

Dolar diperdagangkandi level tertinggi dua minggu terhadap sejumlah mata uang pada hari Rabu dan pasar sedang menunggu sinyal baru suku bunga dari Federal Reserve dan perkembangan situasi perang dagang Amerika Serikat-China tetap menjadi fokus.

Indeks dolar AS – yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama – naik tipis 0.10% ke 97.35 pada pukul 16:25 WIB, yang merupakan level tertinggi 13 November.

Investor akan mengamati pidato yang disampaikan oleh Ketua Fed Jerome Powell hari ini dan risalah pertemuan bank sentral AS bulan November yang akan dirilis pada hari Kamis. Pasar berharap adanya indikasi baru jalur kenaikan suku bunga di masa depan.

The Fed secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga untuk keempat kalinya tahun ini pada pertemuan mendatang di bulan Desember dan telah mengindikasikan bahwa mungkin akan menaikkan suku bunga tiga kali lagi pada 2019.

Tetapi komentar yang terdengar dovish tersebut oleh beberapa pembuat kebijakan dalam beberapa pekan terakhir telah meningkatkan prospek bahwa the Fed dapat memperlambat laju kenaikan suku bunga di masa depan di tengah kekhawatiran atas prospek ekonomi global dan ketegangan perdagangan global yang sedang berlangsung.

Pada hari Selasa, Presiden AS Donald Trump sekali lagi mengkritik Powell – yang ia pilih tahun lalu untuk memimpin bank sentral AS – dan kenaikan suku bunga the Fed disebut mengganggu perekonomian.

Pada hari Selasa, Wakil Ketua Fed Richard Clarida mendukung kenaikan suku bunga lebih lanjut, tetapi mengatakan jalur pengetatan akan bergantung pada data yang dirilis.

Pengamat pasar juga akan memantau Pertemuan G20 di Buenos Aires akhir pekan ini – di mana Trump dan mitranya dari China, Xi Jinping – dijadwalkan untuk membahas hubungan perdagangan. Investor berharap pembicaraan bisa mengarah pada “gencatan senjata” dalam perang dagang.

Trump mengatakan awal pekan ini “sangat tidak mungkin” akan menerima permintaan China untuk menunda kenaikan tarif yang direncanakan berlaku pada bulan Januari.