Dolar Berbalik Menguat Jelang Data AS

Dolar berbalik menguat menjelang data Building Permits dan Housing Starts AS yang akan dirilis hari ini, Selasa (20/11/2018). Volume perdagangan diperkirakan rendah karena pasar AS tengah bersiap menyambut libur Thanksgiving (Kamis 22/11) pekan ini.

Indeks Dolar yang mengukur kinerja USD terhadap 6 mata uang utama lainnya sementara ini tercatat menguat 0.19% di kisaran level 96.25 pada pukul 19:44 WIB.

Sebelumnya Dolar mendapat tekanan akibat komentar dovish di akhir pekan yang lalu setelah Wakil Ketua Federal Reserve Richard Clarida dan Presiden Fed Dallas Robert Kaplan mengungkapkan kekhawatiran mereka atas melambatnya pertumbuhan ekonomi global.

Dolar berada di bawah tekanan tambahan pada hari Senin (19/11) setelah data menunjukkan bahwa sentimen di kalangan pekerja rumah tangga AS tercatat turun pada laju tercepat dalam lebih dari empat setengah tahun pada bulan November.

Mata uang AS telah menguat secara luas tahun ini, mencapai level tertinggi 16 bulan pada awal November yang didukung oleh tiga kenaikan suku bunga Fed dan ekonomi yang kuat.

Pelaku pasar secara keseluruhan tetap waspada setelah merosotnya Wall Street pada hari Senin di tengah aksi jual saham sektor teknologi. Kekhawatiran berkelanjutan atas dampak ekonomi dari konflik perdagangan antara AS dan China juga ikut membebani permintaan aset berisiko.