Data PMI Inggris Lebihi Perkiraan, Recovery Sterling Terhambat Brexit

Poundsterling sempat bergerak menguat terhadap Dolar AS pada hari ini, tapi kemudian kembali tertekan setelah menemukan minat sellers dari area 1.2800. Ketidakpastian Brexit menjelang voting Parlemen Inggris yang rencananya akan digelar tanggal 11 Desember, tampaknya masih menghantui investor sehingga membebani permintaan terhadap Sterling.

Sementara itu, Markit melaporkan di awal perdagangan sesi London hari ini, bahwa PMI (Purchasing Manager’s Index) di sektor manufakur Inggris naik ke level 53.1 pada bulan November 2018, melebihi ekspektasi untuk kenaikan ke angka 51.6.

Akan tetapi, pertumbuhan sektor manufaktur Inggris ini masih dinilai lemah dibandingkan dengan periode sebelumnya, khususnya sejak empat bulan terakhir. Output dan pesanan baru manufaktur Inggris mengalami kenaikan tipis, sedangkan order ekspor baru masih turun sejak dua bulan terakhir.

GBP/USD sementara ini terpantau melemah tipis 0.05% di posisi 1.2742 pada pukul 22:54 WIB, dengan bias intraday yang masih menjaga momentum bearish selama harga dperdagangkan di bawah level 1.2750.