Candlestick Bearish Spinning Top

Jenis atau bentuk candlestick price action yang satu ini probabilitas profitnya lebih besar ketimbang risiko loss. Artinya, Risk & Reward-nya masih sangat terukur.

Bearish Spinning Top kadang-kadang muncul atau terbentuk tetika terjadi tekanan upside pada sebuah pair, misalnya saja EUR/USD pada time frame H1. Jika candle ini muncul, maka sebaiknya jangan dilewatkan kesempatan untuk mendapatkan koreksi downside jangka pendek, yang sering kali menjangkau lebih dari 40 pip (MT4-empat digit) atau 400 pip (MT4-lima digit). Anggap saja kami sedang menggunakan MT4-empat digit. Beberapa kasus sebelumnya malah lebih dari 80 pip (sebaiknya gunakan Trailing Stop jika target lebih dari 40 pip).

Lihat contoh gambar di bawah ini:

BearishSpinningTop

Harap perhatikan kondisinya. Bearish Spinning Top umumnya terbentuk dengan body candle yang kecil, tidak boleh lebih besar dari 10 pip. Menghitungnya tidak rumit, setelah candle terbentuk maka lihat saja harga Open dan harga Close. Kurangi harga Open dengan harga Close. Kemudian perhatikan shadownya, umumnya Bearish Spinning Top memiliki shadow (atau ekor) atas dan bawah yang hampir sama panjang. Jika upper/lower shadow-nya lebih dari 20 pip, maka kita sedang berhadapan dengan Bearish Spinning Top yang cukup sempurna.

Kemudian satu lagi yang harus dicermati, yakni Volume. Jika candle ini disertai dengan Volume yang cukup besar atau bahkan lebih besar dari sebelumnya, maka kondisi ini sudah sangat layak untuk entri posisi.

Begitu candle ini terbentuk pada H1, tak perlu bingung dimana menempatkan SL atau Stop Loss, cukup pada level High candlestick sebelumnya, dengan target 40 atau 50 pip.

Semoga berguna, dan trade safe!

BERITA-FX