Berita Baik dari Pembacaan Aktivitas Manufaktur Global

Sambil menunggu data Institute of Supply Management yang akan merilis indeks manajer pembelian manufaktur (PMI) pada pukul 22.00 WIB, pedagang mencerna gelombang pembacaan global dari data manufaktur yang dirilis pada hari Jumat.

Aktivitas pabrik China bisa bernafas lega karena sektor ini menunjukkan kejutan pada Februari, hanya sedikit yang keluar dari kontraksi dan meredakan kekhawatiran atas prospek pertumbuhan global.

Jepang juga berhasil mencatat peningkatan yang tidak terduga – meskipun sedikit – pada bulan Februari.

Di Eropa, aktivitas manufaktur juga terbukti lebih baik daripada yang ditakuti, meskipun kawasan itu masih mencatat kontraksi pertama dalam lebih dari lima tahun bulan lalu karena kekhawatiran perang perdagangan, memperlambat pertumbuhan global dan keberangkatan Inggris yang segera dari Uni Eropa memukul permintaan.

Jauh dari pabrik-pabrik, penjualan ritel yang positif dan data pengangguran dari Jerman, motor ekonomi kawasan euro, membantu mengangkat sentimen.

Ketidakpastian Brexit menjulang besar atas PMI Inggris: IHS Markit memperingatkan bahwa meskipun pembacaannya lebih kuat daripada Jerman dan Prancis, itu hanya produk penimbunan pranik jika Inggris gagal mencapai kesepakatan transisi dengan Uni Eropa.